Cara Berjalan Ungkap Kepribadian Seseorang

Selasa, 10/10/2017
JIBI/Solopos/Antara
Ilustrasi berjalan kaki. (rd.com)
Ilustrasi berjalan kaki. (rd.com)

Kepribadian seseorang dapat dilihat dari caranya berjalan.

Madiunpos.com, SOLO – Kecepatan berjalan seseorang ternyata bisa menunjukkan kepribadiannya. Menurut studi yang diterbitkan di jurnal Social Psychological and Personality Science, orang-orang ekstrovert berjalan lebih cepat ketimbang rekan mereka yang introvert.

Sebagaimana dilansir Antara dari Medical Daily, Selasa (10/10/2017), para peneliti di Amerika Serikat dan Prancis menemukan, orang yang berjalan relatif cepat cenderung lebih tinggi nilai extraversion–tipe kepribadian yang minatnya lebih mengarah ke alam dan fenomena sosial, openness (imajinaif, kreatif dan artistik), conscientiousness-nya (kemampuan fokus), dan lebih rendah untuk neuroticsm (pengaruh dan pengendalian emosi).

Extraversion berhubungan dengan kecepatan berjalan rata-rata 0,06 meter per detik. “Studi ini membuktikan kecepatan berjalan merefleksikan kepribadian individu,” tutur peneliti.

Para peneliti mengumpulkan data dari lebih dari 15.000 orang dewasa demi mengetahui kepribadian mereka dan cara berjalannya.

Data kepribadian para partisipan diambil melalui survei berdasarkan lima kepribadian besar, yakni extraversion, openness, conscientiousness, agreeableness, dan neuroticism.

Kepribadian tak hanya mempengaruhi kecepatan berjalan, tetapi juga cara berjalan. Mereka yang lebih rendah nilai neuroticism dan lebih tinggi nilai extraversion, conscientiousness dan opennes-nya, cenderung tak mengurangi kecepatan berjalannya ketimbang orang lainnya.

Sebuah studi sebelumnya memperlihatkan, mereka yang lebih tinggi nilai neuroticsm dan conscientiousness yang lebih rendah kurang aktif bergerak dan lebih banyak melakukan perilaku sedentary (tak beraktivitas).

“Jika Anda pergi bersama keluarga, lalu orang tua Anda bilang, “Cepat”, “Ayo” atau “Lihat ini”, itu akan berpengaruh pada kecepatan berjalan Anda,” tutur Patti Wood, penulis buku Snap: Making the Most of First Impressions.


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL ALL NewXenia M Sporty,AslAD,FulVar,Ori,Km66,105Jt:082138960650 (A00225122017) PROMO AKHIR…
  • LOWONGAN LPKS HAINAWATY Bth Byk BBsitter,Prawat Lansia&Org Sakit:852492 (A00033122017) DIBUTUH…
  • RUMAH DIJUAL PALM REGENCY T50/100 Lok blkg hotel Alana,dekat DPRD,Free pagar+water heater,Lantai granit…
Lihat Semua Iklan baris!

ARTIKEL LAINNYA
Ilustrasi bersin (Youtube) TAHUKAH ANDA? : Alasan Manusia Tutup Mata saat Bersin
HASIL PENELITIAN : Sinar Matahari Bikin Bahagia
Mushaf Alquran dari Banyuwangi di Malaysia (LPMQ) Ratusan Manuskrip Alquran Kuno Indonesia Ternyata Ada di Luar Negeri
Petugas memeriksa tiket penumpang di Bandara Ngurah Rai Bali, Rabu (29/11/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Wira Suryantala) HASIL PENELITIAN : Warga Solo Mulai Gantikan Beras dengan Umbi-Umbian dan Roti
Ilustrasi internet (Dok/JIBI/Solopos) Mengejutkan! Ini Hasil Penelitian UMS Soal Radikalisme dalam Website dan Media Sosial