Cara Berjalan Ungkap Kepribadian Seseorang

Selasa, 10/10/2017
JIBI/Solopos/Antara
Ilustrasi berjalan kaki. (rd.com)
Ilustrasi berjalan kaki. (rd.com)

Kepribadian seseorang dapat dilihat dari caranya berjalan.

Madiunpos.com, SOLO – Kecepatan berjalan seseorang ternyata bisa menunjukkan kepribadiannya. Menurut studi yang diterbitkan di jurnal Social Psychological and Personality Science, orang-orang ekstrovert berjalan lebih cepat ketimbang rekan mereka yang introvert.

Sebagaimana dilansir Antara dari Medical Daily, Selasa (10/10/2017), para peneliti di Amerika Serikat dan Prancis menemukan, orang yang berjalan relatif cepat cenderung lebih tinggi nilai extraversion–tipe kepribadian yang minatnya lebih mengarah ke alam dan fenomena sosial, openness (imajinaif, kreatif dan artistik), conscientiousness-nya (kemampuan fokus), dan lebih rendah untuk neuroticsm (pengaruh dan pengendalian emosi).

Extraversion berhubungan dengan kecepatan berjalan rata-rata 0,06 meter per detik. “Studi ini membuktikan kecepatan berjalan merefleksikan kepribadian individu,” tutur peneliti.

Para peneliti mengumpulkan data dari lebih dari 15.000 orang dewasa demi mengetahui kepribadian mereka dan cara berjalannya.

Data kepribadian para partisipan diambil melalui survei berdasarkan lima kepribadian besar, yakni extraversion, openness, conscientiousness, agreeableness, dan neuroticism.

Kepribadian tak hanya mempengaruhi kecepatan berjalan, tetapi juga cara berjalan. Mereka yang lebih rendah nilai neuroticism dan lebih tinggi nilai extraversion, conscientiousness dan opennes-nya, cenderung tak mengurangi kecepatan berjalannya ketimbang orang lainnya.

Sebuah studi sebelumnya memperlihatkan, mereka yang lebih tinggi nilai neuroticsm dan conscientiousness yang lebih rendah kurang aktif bergerak dan lebih banyak melakukan perilaku sedentary (tak beraktivitas).

“Jika Anda pergi bersama keluarga, lalu orang tua Anda bilang, “Cepat”, “Ayo” atau “Lihat ini”, itu akan berpengaruh pada kecepatan berjalan Anda,” tutur Patti Wood, penulis buku Snap: Making the Most of First Impressions.


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL BMW 318i’97,AD-Slo,Htm,Istw,PjkBr,BanBr,AC Dngin,Audio,Ex.DirekturRS,67Jt/Ng:0838642…
  • LOWONGAN BTH OPERATOR MsinJahit,Obras,Overdeck,Packing,Solo=08562815788 (A00229102017) BUTUH TEKNIS…
  • RUMAH DIJUAL JL CPT RMH Mungil LT/LB=76/45 SHM,Hdp Tmr,Lingk Nyaman,Mau Kemana2 Dkt,Solo Bag Barat(Blk…
Lihat Semua Iklan baris!

ARTIKEL LAINNYA
Patung kayu Ratu Mesir (Facebook) Patung Kayu Ratu Mesir Kuno Ditemukan di Dekat Piramida Giza
Ilustrasi alis tebal (Youtube) HASIL PENELITIAN : Wanita Suka Alis Tebal, Kenapa Ya?
Ilustrasi pengidap kanker payudara (Boldsky) TIPS KESEHATAN : Ini 5 Tipe Wanita Berisiko Tinggi Terserang Kanker Payudara
Ilustrasi penelitian (medimoon.com) Perusahaan akan Dapat Penghargaan LIPI, Ini Syaratnya
TIPS KESEHATAN : Jangan Minum Teh Saat Panas, Ini Alasannya