Kominfo Sebar SMS Imbauan Registrasi ke Pengguna Operator Seluler

Kamis, 12/10/2017
Kartu SIM (JIBI/Harian Jogja/Wisegeek.com)
Kartu SIM (Wisegeek.com)

Kominfo mulai menyebarkan SMS berupa imbauan registrasi ke operator seluler.

Madiunpos.com, SOLO – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mewajibkan pengguna operator seluler melakukan registrasi. Demi menyukseskan program tersebut, Kominfo menggandeng seluruh operator telekomunikasi seluler menyebarkan informasi peraturan baru itu ke masyarakat.

Dalam SMS itu, Kominfo menyampaikan pelanggan operator seluler melakukan registrasi ulang dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga yang valid.

“Per 31 Oktober 2017, pelanggan wajib registrasi ulang nomor prabayar dengan validasi Nomor Induk Kependudukan dan nomor Kartu Kelurga,” tulis Kominfo dalam pesan singkat yang diterima pelanggan operator seluler Tanah Air, seperti dikutip Okezone, Kamis (12/10/2017).

Peraturan registrasi ini tercantum dalam Peraturan Menteri (PM) No. 14 Rahun 2017 yang merupakan revisi dari PM No.12 Tahun 2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi.

Tak hanya bagi pelanggan yang akan membeli SIM card baru, pelanggan lama pun diharuskan melakukan registrasi. Aturan yang mulai berlaku per 31 Oktober ini, dirancang untuk memvalidasi identitas asli pengguna dengan menggandeng Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Registrasi dilakukan oleh pelanggan secara mandiri dengan cara mengirimkan data diri melalui pesan singkat (SMS). Caranya dengan mengirimkan pesan ke nomor 4444 dengan format NIK#NomorKK#. Informasi tersebut harus sesuai dengan NIK yang tertera di KTP-el dan KK agar proses validasi ke database berhasil.


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL ALL NewXenia M Sporty,AslAD,FulVar,Ori,Km66,105Jt:082138960650 (A00225122017) PROMO AKHIR…
  • LOWONGAN LPKS HAINAWATY Bth Byk BBsitter,Prawat Lansia&Org Sakit:852492 (A00033122017) DIBUTUH…
  • RUMAH DIJUAL PALM REGENCY T50/100 Lok blkg hotel Alana,dekat DPRD,Free pagar+water heater,Lantai granit…
Lihat Semua Iklan baris!

ARTIKEL LAINNYA
Ilustrasi SIM Card (Unnect) 93 Juta Pelanggan Sudah Registrasi SIM Card
Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa Gun Gun Siswadi saat berdialog dengan seniman kawakan Yati Pesek, di Balai Desa Pandowoharjo, Sleman, Sabtu (18/11/2017). (Harian Jogja/Abdul Hamid Razak) Wayang Sebagai Sarana Edukasi dan Informasi Kemkominfo
Menkominfo Rudiantara. (JIBI/Antara) Menkominfo Bakal Sewat Satelit Internet Berkecepatan Tinggi
Dalang Ki Guntoro Prajoko Sugati membawakan lakon Wahyu Ratu pada Pagelaran Wayang Kulit yang diadakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI di Lapangan Jatisarono, Kecamatan Nanggulan, Kulonprogo, Sabtu (11/11/2017). (Harian Jogja/Rima Sekarani I.N.) Masyarakat Mesti Bijak Saat Gunakan Media Sosial
Logo Twitter (techonshow.com) Twitter Dapat Aduan Konten Negatif Terbanyak di Indonesia