Pemkot Solo Laporkan Akun Facebook Humas Surakarta ke Polisi

Kamis, 12/10/2017
Akun Facebook Humas Surakarta. (Facebook)
Akun Facebook Humas Surakarta. (Facebook)

Akun Facebook Humas Surakarta dilaporkan ke polisi karena dianggap mendiskreditkan Pemkot Solo.

Madiunpos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo segera melaporkan akun Fanpage (FP) di media sosial Facebook bernama Humas Surakarta ke polisi. Konten FP tersebut berbau SARA dan mendiskreditkan pemerintah.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, laman Humas Surakarta telah disukai 1.900 pengguna Facebook dan diikuti 2.121 akun. Dalam halaman keterangan tidak banyak informasi yang ditemukan seputar FP tersebut. Hanya tertera anggota tim atas nama Abdullah Holmes Jr.

Konten terbaru akun tersebut bergambar palu arit bergaris miring merah dan menyinggung nama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Seperti halnya di samping gambar Jokowi terdapat tulisan, “Wajahmu Memang Pembohong dan Pencitraan”.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Solo Heri Purwoko mengatakan akun Facebook itu mirip akun resmi yang dikelola Pemkot Solo. Dia telah berkoordinasi dengan Bagian Hukum dan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) untuk mengusut akun tersebut.

“Kami pastikan itu bukan akun kami [Humas Pemkot]. Bagian Humas memiliki akun sendiri bernama Humas Protokol Surakarta,” katanya kepada wartawan, Kamis (12/10/2017) sore.

Heri mengaku baru mengetahui ada FP Humas Surakarta pada Kamis ini. Laman tersebut sangat berpotensi merugikan Pemkot. Kata “Surakarta” yang digunakan sebagai nama FP merujuk nama resmi Kota Solo berikut institusi pemerintahan.

“Kami sudah mengklarifikasi melalui laman resmi Pemkot, bahwa Humas Surakarta bukanlah laman resmi milik Pemkot,” katanya.

Selain itu konten laman tersebut di luar tanggung jawab Pemkot. Bagian Hukum, kata dia, akan mendalami kasus itu dan membuat pelaporan ke kepolisian agar diproses hukum.

Sembari menunggu kasus naik ke kepolisian, dia melakukan langkah klarifikasi melalui Facebook. Di antaranya berisi peringatan kepada pemilik akun Humas Surakarta agar segera menonaktifkan akun.

Heri mengimbau masyarakat dan pengguna Internet tidak terprovokasi dengan isi laman Humas Surakarta tersebut. Apalagi konten FP tersebut tidak mencerminkan kebijakan maupun program resmi Pemkot Solo.


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL BMW 318i’97,AD-Slo,Htm,Istw,PjkBr,BanBr,AC Dngin,Audio,Ex.DirekturRS,67Jt/Ng:0838642…
  • LOWONGAN BTH OPERATOR MsinJahit,Obras,Overdeck,Packing,Solo=08562815788 (A00229102017) BUTUH TEKNIS…
  • RUMAH DIJUAL JL CPT RMH Mungil LT/LB=76/45 SHM,Hdp Tmr,Lingk Nyaman,Mau Kemana2 Dkt,Solo Bag Barat(Blk…
Lihat Semua Iklan baris!

ARTIKEL LAINNYA
Sejumlah haul truck dioperasikan di area tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Timika, Papua, Sabtu (19/9/2015). PT Freeport Indonesia kini mendapat izin ekspor untuk Juli 2015 - Januari 2016 dengan kuota ekspor mencapai 775.000 ton konsentrat tembaga. Selain itu Freeport mendapat pengurangan bea keluar menjadi lima persen lantaran kemajuan pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral (smelter) di Gresik, Jawa Timur, yang sudah mencapai 11 persen. (JIBI/Solopos/Antara/Muhammad Adimaja) Freeport Belum Klir, Ini Rapor 3 Tahun Jokowi-JK dari ICW
PILPRES 2019 : Projo Ingin Cawapres Jokowi Seperti Boediono
Presiden Jokowi (berjaket merah) menonton film Pengkhianatan G30S/PKI (Setkab.go.id) 3 Tahun Presiden Jokowi Ditantang Populisme
Presiden Jokowi bersarung (Antara) PILPRES 2019 : Jokowi Berat di Basis Masyumi, Aman di Kantong NU
Perjalanan THR Sriwedari Solo sejak pengusiran hingga pengumuman tutup permamen. (Whisnu Paksa/JIBI/Solopos) #ESPOSPEDIA : Akhir Ikon Kota Solo THR Sriwedari