KPP Pratama Jogja Dorong UMKM Berpikir Kreatif

Jumat, 13/10/2017
Pelatihan UMKM
Para pelaku usaha mengikuti pelatihan Tranformasi UMKM Kota Jogja menjadi Creativepreneur yang diselenggarakan KPP Pratama Kota Jogja di Rumah Kreatif Jogja, Rabu (11/10/2017). (Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati)

Kantor pajak ikut berwenang membuat UMKM berdaya saing tinggi

Madiunpos.com, JOGJA-Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) didorong memiliki daya pikir yang kreatif. Jangan sampai UMKM hanya ikut-ikutan berbisnis tanpa melihat kebutuhan konsumen.

Dorongan tersebut dibuktikan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jogja dengan memfasilitasi pelatihan UMKM melalui kegiatan pelatihan Tranformasi UMKM Jogja menjadi Creativepreneur. Pelatihan diisi oleh narasumber dari Perkumpulan Perempuan Wirausaha (Perwira) Jogja dan Rumah Kreatif Jogja (RKJ), di RKJ Sagan, Rabu (11/10/2017).

Kepala KPP Pratama Jogja Agung Prabowo menyampaikan, saat ini kantor pajak tidak semata menarik pajak dari kalangan pengusaha, tetapi juga ikut berperan mengembangkan pelaku usaha agar naik kelas. Ia mengakui, saat bertemu dengan pengusaha besar, pegawai pajak bisa langsung menyampaikan kewajiban perpajakannya. Namun, saat bertemu dengan UMKM, pegawai pajak mengemas dengan cara yang berbeda.

“Kami beri pelatihan kepada mereka tentang pembukuan sederhana, perizinan, pemasaran sehingga mereka bisa memanage dengan baik,” katanya pada Harian Jogja di sela-sela acara.

Ia mengatakan, kantor pajak ikut berwenang membuat UMKM berdaya saing tinggi. Yang terpenting baginya adalah UMKM mampu mengenali perilaku dan apa yang dibutuhkan konsumen, sehingga tidak hanya membuat produk tanpa mengetahui seberapa besar manfaatnya bagi konsumen.


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL BMW 318i’97,AD-Slo,Htm,Istw,PjkBr,BanBr,AC Dngin,Audio,Ex.DirekturRS,67Jt/Ng:0838642…
  • LOWONGAN BTH OPERATOR MsinJahit,Obras,Overdeck,Packing,Solo=08562815788 (A00229102017) BUTUH TEKNIS…
  • RUMAH DIJUAL JL CPT RMH Mungil LT/LB=76/45 SHM,Hdp Tmr,Lingk Nyaman,Mau Kemana2 Dkt,Solo Bag Barat(Blk…
Lihat Semua Iklan baris!

ARTIKEL LAINNYA
Pelatihan UMKM UMKM, Investasi Untuk Masa Depan
TIPS BISNIS : Tentukan Pasar sebelum Buka Usaha
Foto bersama para UMKM yang menerima bantuan dari Indomaret, Kamis (28/9/2017). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja) Agar Masuk ke Toko Modern, UMKM Perlu Tingkatkan Produktivitas
Nelvy Lucyana selaku pemilik usaha Omah Butik menunjukkan kalung goni yang dipamerkan di Jogja City Mall, Jumat (15/9/2017). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja) EKONOMI KREATIF : Manfaatkan Limbah Kain Perca Jadi Kalung
Lusi Ekawati menunjukkan beberapa busana lurik rancangannya di butiknya Benang Lusi, Jalan DN Pandjaitan Nomor 44, Jumat (15/9/2017). (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja) EKONOMI KREATIF : Pertahankan Kain Tenun ATBM