Soal Pasar Klewer Timur Disdag Solo Masih Optimistis, Ini Alasannya

Selasa, 14/11/2017
Pekerja membongkar atap Pasar Klewer Solo sisi timur, belum lama ini. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Koran Solo)
Pekerja membongkar atap Pasar Klewer Solo sisi timur, belum lama ini. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Koran Solo)

Dinas Perdagangan Solo masih optimistis Kementerian Perdagangan akan membuat kebijakan khusus tentang Pasar Klewer timur.

Madiunpos.com, SOLO — Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo tetap optimistis Kementerian Perdagangan (Kemendag) bakal memberikan kebijakan khusus agar revitalisasi Pasar Klewer timur bisa terealisasi tahun ini.

Hal ini disampaikan Kepala Disdag Solo, Subagiyo, saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (14/11/2017). “Kaitannya dengan masalah ini Pak Wali [Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo] sudah punya strateginya. Semuanya sudah kami laporkan, mulai dari masalah kegagalan lelang hingga persoalan di lapangan adalah kendala di luar kemampuan kami. Kami masih yakin kementerian akan memberikan kebijakannya yang terbaik,” kata Subagiyo.

Apalagi, lanjut dia, jika dikaitkan dengan janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Pasar Klewer sisi barat. “Saat itu Presiden menyebutkan Klewer timur akan dibangun sekalian. Untuk hal ini Pak Rudy sudah mengupayakan semaksimal mungkin, mulai dari perencanaan hingga menyewa kembali alun-alun untuk pasar darurat,” tutur dia. (Baca: Konsultasi dengan Kemendag Mentok, Revitalisasi Pasar Klewer Gagal?)

Subagiyo pun mengklaim tak ada skema alternatif yang disiapkan Pemkot jika proyek tersebut betul-betul gagal direalisasikan tahun ini. “Kami masih optimistis kok,” tutur dia.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi Komisi III DPRD Solo, Sugeng Riyanto, menambahkan Pemkot Solo harus segera mengambil langkah cepat dan legal dengan menggunakan semua kemampuan yang ada terkait pembangunan Pasar Klewer Timur. Dalam hal ini bisa dilakukan lobi dan negosiasi ke semua lini, mulai dari Gubernur hingga Kementerian terkait. (Baca: Lelang Pembangunan Pasar Klewer Timur Gagal Lagi, Wali Kota Temui Mendag)

“Ini ujian kesaktian Pemkot. Jangan sampai ada pedagang yang tidak jelas nasibnya. Yang terpenting tindakan ini legal dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan,” paparnya.

Di sisi lain, memang dimungkinkan pembangunan pasar tersebut dibiayai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Solo, tapi nanti di APBD Perubahan 2018, karena APBD 2018 sudah digedok. Namun pembiayaan itu hanya pendukung karena jika dianggarkan semuanya dari APBD bakal membebani keuangan daerah.

Di samping itu, Pemkot Solo juga tengah menggarap megaproyek RSUD Semanggi yang menelan biaya Rp200 miliar dengan anggaran APBD kota menggunakan sistem tahun jamak hingga 2019.

 


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL GRANMAX PU Dp4j,Ayla,Xnia,Sigra.DpRingan Ang Mrh:085642222899 (A00563112017) TERIOS TX 201…
  • LOWONGAN PARTIME Ibu RT/Mhs/WA Nama Ke:081578794971 (A00093112017) CR PRT&Suster Dlm/Luar Kota…
  • RUMAH DIJUAL JLCPT Rmh&Gudang diMojolaban.HrgNego Sejadinya.737343/730070 (A00813112017) RMH JlRy…
Lihat Semua Iklan baris!

ARTIKEL LAINNYA
Pekerja memasang wahana permainan di Alun-alun Utara (Alut) Keraton Solo, Rabu (22/11/2017). (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos) Disdag Solo Terkejut Ada Wahana Permainan Sekaten di Alut Keraton
Boks hydrant dan apar terpasang di beberapa sudut Pasar Klewer Solo, Kamis (4/5/2017). (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos) PASAR TRADISIONAL SOLO : APAR Pasar Klewer Barat Baru Separuh dari Kebutuhan Ideal
Ilustrasi elpiji 3kg alias gas si melon. (JIBI/Bisnis/Dok.) Pertamina Sebut Penambahan Alokasi Gas Melon karena Penggunaannya Salah Sasaran
Sejumlah pedagang Pasar Klewer timur menata kios daruratnya di Alut Keraton Solo, Selasa (19/9/2017). (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos) Wali Kota Solo Temui Mendag Ihwal Pasar Klewer Timur, Begini Hasilnya
Pedagang gerabah membuka lapak di kawasan Alun-alun Utara (Alut) Keraton Solo, Minggu (19/11/2017). (M. Feri Setiawan/JIBI/Solopos) SEKATEN SOLO : Pedagang Padati Sekeliling Alut Keraton, Awas Macet di Supit Urang