Gua Jomblang Gunungkidul Terisi Air Hingga 20 Meter

Kamis, 30/11/2017
Gua Jomblang-detikTravel

Sejumlah objek wisata gua di Gunungkidul ditutup.

Madiunpos.com, GUNUNGKIDUL— Hujan deras yang terjadi beberapa hari terakhir di DIY akibat dampak badai Cempaka di selatan Jawa menyebabkan sejumlah objek wisata minat khusus di Gunungkidul ditutup. Tidak terkecuali objek wisata Gua Jomblang yang kondang di Gunungkidul.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan untuk sejumlah objek wisata seperti Gua Pindul, Gua Jomblang, Ari Terjun Sri Gethuk, Kali Suci, dan Gua Ngingrong sementara ditutup. “Kami akan melakukan recovery [pemulihan] dulu karena situasinya masih belum memungkinkan untuk dibuka,” kata dia, Rabu (29/11/2017).

Pembukaan objek wisata tersebut juga masih belum ditentukan waktunya. Pasalnya sejumlah objek wisata yang ditutup itu diakuinya memang bergantung pada situasi alam. Sehingga jika kondisi alam tidak memungkinkan dan terjadi cuaca buruk, maka objek tersebut tidak dapat dikunjungi. Hal itu demi menjamin keselamatan wisatawan.

Pengelola Gua Jomblang, Cahyo Alkantana mengatakan bahwa kondisi gua sekarang memang tidak memungkinkan untuk masuk wisatawan. “Sekarang gua tertutup air sampai kurang lebih 20 meter dari permukaan,” ujarnya.

Dia memprediksi air di dalam gua baru akan surut tiga hari mendatang. Dan kemungkinan jika cuaca membaik langsung dapat kembali dikunjungi oleh wisatawan. Sebab sejumlah peralatan yang digunakan untuk memasuki gua masih dapat digunakan dan tidak mengalami kerusakan.

Seperti diketahui, badai Cempaka yang terjadi di selatan Jawa menyebabkan hujan deras turun secara intensif beberapa hari terakhir. Cuaca ekstrem itu membawa sejumlah bencana seperti banjir dan tanah longsor.


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL CAPTIVADiselVCDI’12/11 H.Tgn1,ist180jt087836895858/08122648100 (A01185112017) ALL Ne…
  • LOWONGAN LPKS HAINAWATY Bth Byk BBsitter,Prawat Lansia&Org Sakit:852492 (A00033122017) DIBUTUH…
  • RUMAH DIJUAL PALM REGENCY T50/100 Lok blkg hotel Alana,dekat DPRD,Free pagar+water heater,Lantai granit…
Lihat Semua Iklan baris!

ARTIKEL LAINNYA
Sungai Code pasca-banjir (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto) CUACA EKSTREM : Hujan Deras Datang Lagi, Warga Juminahan Kembali Siaga
Sejumlah peserta bersiap untuk melakukan lomba kayak tradisional di Desa Wisata Klayar, Kedungpoh, Kecamatan Nglipar, Minggu (10/12/2017). (IST/Dinas Pariwisata Gunungkidul) Pelaku Wisata Gunungkidul Harus Terus Berinovasi
Ilustrasi gotong royong (IST/Koransn.com) Warga Kulonprogo Gotong Royong Perbaiki Tanggul
Presiden Joko Widodo menyalami sejumlah warga saat mengunjungi lokasi terdampak bencana akibat Badai Cempaka di Dusun Gelaran I, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Sabtu (9/12/2017). (Harian Jogja/Irwan A. Syambudi) Presiden Jokowi Instruksikan Perbaikan Infrastruktur Pascabencana Maksimal Tiga Bulan
Presiden Joko Widodo menyalami sejumlah warga saat mengunjungi lokasi terdampak bencana akibat Badai Cempaka di Dusun Gelaran I, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Sabtu (9/12/2017). (Harian Jogja/Irwan A. Syambudi) Data Kerusakan Gunungkidul Pascabencana Dilaporkan ke Presiden Jokowi