Mentan Sebut Keong Sawah Pengganti Daging Sapi, Apa Pendapat Ahli Gizi?

Rabu, 06/12/2017
JIBI/Solopos/Newswire
Keong sawah (Youtube)
Keong sawah (Youtube)

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyebut keong sawah bisa menjadi alternatif pengganti daging sapi.

Madiunpos.com, SOLO – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyebut masyarakat bisa mengonsumsi keong sawah untuk mengantisipasi mahalnya harga daging sapi. Pernyataan Mentan ditanggapi beragam oleh warganet, tak sedikit pula yang tak setuju dengan ucapannya.

Lantas bagaimana pendapat ahli gizi dengan kandungan yang terdapat pada keong sawah? Ahli gizi Dr. Marudut, Bsc. MPS tak menampik kandungan protein yang ada dalam keong sawah.

Hanya saja dia tak bisa menyebut secara pasti apakah jumlah protein dalam keong sawah bisa menyamai atau bahkan melampaui daging.

“Sampai saat ini saya belum baca apakah ada perbedaan yang signifikan antara daging dan keong sawah, terutama dari proteinnya,” kata dia Marudut yang merupakan dosen di Politeknik Kesehatan Masyarakat Kemenkes Jakarta II itu di Jakarta, Selasa (5/11/2017).

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi keong sawah salah satunya soal zat racun yang terkandung di dalamnya. Lalu, soal kandungan kolestrol dalam keong walau memang tak setinggi jerohan.

“Pada keong ada zat-zat toksik-nya. Kita makan normal saja berapa porsi. Soal kolesterol, lebih tinggi tetapi tidak lebih tinggi dari jerohan,” tutur Marudut sebagaimana dilansir Antara.

Kemudian, berbeda dari daging, pengolahan keong sawah cenderung lebih sulit, karena lendir dan kotorannya harus dipisahkan dulu.

Ketimbang keong sawah, Marudut lebih merekomendasikan ikan sebagai varian pengganti daging. “Tetapi jelas keong sumber protein. Tetapi jauh lebih baik ikan. Ikan kita melimpah,” tutur dia.


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL CAPTIVADiselVCDI’12/11 H.Tgn1,ist180jt087836895858/08122648100 (A01185112017) ALL Ne…
  • LOWONGAN LPKS HAINAWATY Bth Byk BBsitter,Prawat Lansia&Org Sakit:852492 (A00033122017) DIBUTUH…
  • RUMAH DIJUAL PALM REGENCY T50/100 Lok blkg hotel Alana,dekat DPRD,Free pagar+water heater,Lantai granit…
Lihat Semua Iklan baris!

ARTIKEL LAINNYA
Menteri Kelautan dan perikanan Susi Pujiastuti berfoto di depan mural Sus Ayo sus yang mengambarkan dirinya di kawasan perempatan Nonongan, Solo, Rabu (20/9/2017) malam. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos) Menteri Susi Dukung Ajakan Mentan Makan Keong Sawah
Penggerebekan Beras Maknyuss, Ombudsman Anggap Kementan Bandel & Maladministrasi
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan sambutan pada acara Tanam, Panen, dan Serap Gabah di Desa Wanareja, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Jateng, Jumat (10/3/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Sumarwoto) Uji Coba, Indonesia Ekspor 25 Ton Beras ke Malaysia
Pegawai Perum Bulog mendata beras hasil serapan di Gudang Induk Bulog Katonsari, Demak, Jateng, Selasa (11/4/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aji Styawan) Butir Patah Beras Premium Jadi 15%, Ini Alasan Kementan
Suharti, pedagang di Pasar Beringharjo menjual beras mulai kualitas medium sampai premium, Selasa (25/7/2017). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja) Permentan Jenis Beras, Butir Patah Beras Premium Jadi 15%