Mentan Sebut Keong Sawah Pengganti Daging Sapi, Apa Pendapat Ahli Gizi?

Rabu, 06/12/2017
JIBI/Solopos/Newswire
Keong sawah (Youtube)
Keong sawah (Youtube)

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyebut keong sawah bisa menjadi alternatif pengganti daging sapi.

Madiunpos.com, SOLO – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyebut masyarakat bisa mengonsumsi keong sawah untuk mengantisipasi mahalnya harga daging sapi. Pernyataan Mentan ditanggapi beragam oleh warganet, tak sedikit pula yang tak setuju dengan ucapannya.

Lantas bagaimana pendapat ahli gizi dengan kandungan yang terdapat pada keong sawah? Ahli gizi Dr. Marudut, Bsc. MPS tak menampik kandungan protein yang ada dalam keong sawah.

Hanya saja dia tak bisa menyebut secara pasti apakah jumlah protein dalam keong sawah bisa menyamai atau bahkan melampaui daging.

“Sampai saat ini saya belum baca apakah ada perbedaan yang signifikan antara daging dan keong sawah, terutama dari proteinnya,” kata dia Marudut yang merupakan dosen di Politeknik Kesehatan Masyarakat Kemenkes Jakarta II itu di Jakarta, Selasa (5/11/2017).

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi keong sawah salah satunya soal zat racun yang terkandung di dalamnya. Lalu, soal kandungan kolestrol dalam keong walau memang tak setinggi jerohan.

“Pada keong ada zat-zat toksik-nya. Kita makan normal saja berapa porsi. Soal kolesterol, lebih tinggi tetapi tidak lebih tinggi dari jerohan,” tutur Marudut sebagaimana dilansir Antara.

Kemudian, berbeda dari daging, pengolahan keong sawah cenderung lebih sulit, karena lendir dan kotorannya harus dipisahkan dulu.

Ketimbang keong sawah, Marudut lebih merekomendasikan ikan sebagai varian pengganti daging. “Tetapi jelas keong sumber protein. Tetapi jauh lebih baik ikan. Ikan kita melimpah,” tutur dia.


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL **BMW 320i/AT Sport Th2015 Putih,Tgn.1 dr baru,AD..sangat terawat..Istw.Serius hub:0818937…
  • LOWONGAN PENYALUR VARIASI Mobil Smrg Cr Krywn:Mau Krj,Bs Dipercaya,Sopir:SMA,SIM A 23-35Th,Srbtn:Pr…
  • RUMAH DIJUAL PERUM MUTIARA Garden dekat DPRD Surakarta type 57/101, 53/105 Dp 0% 085647250238/0271-7295…
Lihat Semua Iklan baris!

ARTIKEL LAINNYA
Petani menepikan padi menggunakan terpal di persawahan yang terendam banjir di Sukolilo, Pati, Jateng, Rabu (7/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho) FOTO BENCANA JATENG : Petani Kebanjiran, Menteri Panen Raya
Menteri Pertanian, Amran Sulaiman. HARGA BERAS : Mentan Pastikan Impor Beras Batal
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman didampingi Bupati Kudus Musthofa dan sejumlah tamu undangan melakukan panen raya di Desa Berugenjang, Undaan, Kudus, Jateng, Selasa (23/1/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif) PERTANIAN JATENG : Mentan Tinjau Panen Raya Padi, Janji Tak Akan Sengsarakan Petani
Pelajar ber-selfie di depan helikopter yangcditumpangi Menteri Pertanian Amran Sulaiman ke Demak, Jateng, Selasa (23/1/2018). (Okezone.com-Taufik Budi) KISAH UNIK : Menteri Pertanian ke Demak, Helikopter Jadi Objek Selfie Warga
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (kanan) dan Bupati Demak M. Natsir (ketiga dari kanan) secara simbolis memanen padi menggunakan combine harvester di Desa Sari, Gajah, Demak, Jateng, Selasa (23/1/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Aji Styawan) FOTO PERTANIAN JATENG : Menteri Pertanian Buktikan Panen Raya