PILKADES SRAGEN
Petahana Unggul di 5 Desa

Rabu, 06/12/2017
Warga menggunakan hak pilihnya dalam pencoblosan pilkades di TPS 013, Perumahan Margosari, Puro, Karangmalang, Sragen, Rabu (6/12/2017). (Tri Rahayu/JIBI/Solopos)
Warga menggunakan hak pilihnya dalam pencoblosan pilkades di TPS 013, Perumahan Margosari, Puro, Karangmalang, Sragen, Rabu (6/12/2017). (Tri Rahayu/JIBI/Solopos)

Pilkades Sragen digelar secara serentak 6 Desember 2017.

Madiunpos.com, SRAGEN — Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) yang dihelat secara serentak pada Rabu (6/12/2017) berjalan lancar.

Hingga pukul 17.00 WIB, Bagian Pemerintahan Desa Sekretariat Daerah (Setda) Sragen sudah mendapat laporan hasil penghitungan suara pilkades di 10 desa. Perolehan suara sejumlah petahana masih dominan dari hasil penghitungan suara.

Berdasarkan data di Bagian Pemerintahan Desa Setda Sragen, perolehan suara petahana yang unggul terjadi di Desa Jetak, Jambeyan, Girimargo, Doyong, dan Ngandul.

Sementara perolehan tiga petahana lainnya lebih sedikit daripada lawannya, yakni di Desa Kedungupit, Puro, dan Sunggingan. Ketua Panitia Pilkades Desa Sunggingan, Miri, Sragen, Mulyoto, saat dihubungi Madiunpos.com, Rabu sore, menjelaskan ada dua calon kepala desa (cakades) di Sunggingan, yakni petahana Gunawan nomor urut 1 dan mantan bayan Suminto nomor urut 2.

Dia membenarkan Suminto mendapat suara 1.105 suara sementara Gunawan mendapat 851 suara. “Jumlah pemilih di Sunggingan ada 2.558 pemilih. Saya tidak hafal berapa yang hadir tetapi ada catatannya di balai desa,” katanya.

Sementara, Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman saat dihubungi Madiunpos.com, Rabu petang, mengatakan pelaksanaan pilkades mulai dari pencoblosan sampai penghitungan suara di tingkat tempat pemungutan suara (TPS) berjalan dengan lancar.

Komunikasi Salah

Selama proses pencoblosan, Kapolres sempat mendapat laporan terkait dengan adanya dinamika kegiatan di Desa Sunggingan, Kecamatan Miri, Sragen. Kapolres menilai ada miscommunication atau komunikasi yang salah di desa tersebut.

“Secara umum pengamanan berjalan dengan baik. Beberapa desa sudah selesai melakukan rekapitulasi penghitungan suara tetapi ada juga beberapa desa yang baru melakukan rekapitulasi penghitungan suara setelah Magrib, seperti di tiga desa yang ada di wilayah Kecamatan Miri,” ujarnya.

Dia menjelaskan pencoblosan dilakukan mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Setelah itu langsung dilakukan penghitungan suara di tingkat TPS hingga pukul 15.00 WIB.

Dia menjelaskan berita acara di masing-masing TPS itu langsung disampaikan ke panitia pilkades tingkat desa untuk rekapitulasi penghitungan suara.

“Kalau di Pemkab sudah dapat hasilnya ya sangat memungkinkan karena hasil penghitungan suara di tingkat TPS sudah selesai. Kan tinggal jumlah saja. Seperti di Doyong itu kan hanya lima TPS sehingga mudah menghitungnya,” tambahnya.

Kapolres masih menyiagakan pengamanan hingga proses rekapitulasi hasil penghitungan suara selesai. Bantuan pasukan dari Detasemen C Pelopor Brimob Polda Jateng sebanyak dua pleton baru ditarik pada Kamis (7/12).


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL CAPTIVADiselVCDI’12/11 H.Tgn1,ist180jt087836895858/08122648100 (A01185112017) ALL Ne…
  • LOWONGAN LPKS HAINAWATY Bth Byk BBsitter,Prawat Lansia&Org Sakit:852492 (A00033122017) DIBUTUH…
  • RUMAH DIJUAL PALM REGENCY T50/100 Lok blkg hotel Alana,dekat DPRD,Free pagar+water heater,Lantai granit…
Lihat Semua Iklan baris!

ARTIKEL LAINNYA
Warga memasukan surat suara saat mengikuti pencoblosan di TPS 13, Perumahan Margosari, Desa Puro, Karangmalang, Sragen, Rabu (6/12/2017). (Tri Rahayu/JIBI/Solopos) Bursa Botohan Hari H Pilkades Sragen Tembus Rp1 Miliar Lebih
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati memberi pengarahan kepada para cakades, tim sukses, panitia, dan warga agar tidak larut dalam politik transaksional pada pilkades di Balai Desa Jetak, Sidoharjo, Sragen, Senin (4/12/2017). (Tri Rahayu/JIBI/Solopos) PILKADES SRAGEN : Bupati Curiga Ada Politik Transaksional Cakades Bernilai Miliran Rupiah
PILKADES SRAGEN : Botoh Bermain, Miliaran Rupiah Berputar di 3 Desa Ini
Ilustrasi borgol PILKADES SRAGEN : 1 Tersangka Kasus Bentrok di Doyong Menyerahkan Diri ke Polisi
Ilustrasi pilkades (JIBI/Harian Jogja/Antara) PILKADES SRAGEN : 2 Cakades Doyong Dipertemukan setelah Pendukung Bentrok