Pohon di Kota Madiun Dipangkas, 3 Meter dari Tanah Bebas Ranting & Daun

Rabu, 06/12/2017
JIBI/Solopos/Antara
Pangkas pohon perindang (JIBI/Solopos/Dok)

Pohon di tepi jalan Kota Madiun dipangkas.

Madiunpos.com, MADIUN — Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Madiun mengerahkan personel untuk memangkas dahan serta ranting sejumlah pohon. Upaya itu ditempuh untuk mengantisipasi cuaca buruk pada musim hujan tahun ini.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Madiun Soeko Dwi Handiarto mengatakan pemangkasan dahan dan ranting tersebut merupakan bagian dari perawatan ribuan tanaman dan pohon.

“Pohon di tepi jalan harus memiliki fungsi lindung dan ekologi. Tetapi tidak boleh menganggu pemakai jalan, terutama saat musim hujan yang rawan tumbang. Terlebih, cuaca saat ini sedang tidak menentu,” ujar Soeko kepada wartawan di Madiun, Rabu (6/12/2017).

Dia menambahkan jarak tiga meter dari tanah harus bersih dari ranting dan daun. Jarak tiga meter tersebut, merupakan instruksi langsung dari Wali Kota Madiun.

“Harapannya, agar tidak menganggu masyarakat, mulai pejalan kaki hingga pengendara. Namun, bukan berarti dipangkas habis. Fungsi keindahan dan peneduh tetap harus dijaga,” kata dia.

Soeko menyebutkan ada sekitar 7.000 pohon di Kota Madiun yang ditangani dan dirawat oleh dinasnya. Mulai pohon besar hingga yang tanaman bunga yang ada di ruang terbuka hijau (RTH) kota setempat.

Dia menambahkan perawatan bukan hanya soal pemangkasan ranting dan dahan, kondisi pohon juga diperiksa. Sebab, kondisi pohon seringkali menipu. Seperti, pohon terlihat masih kokoh dari tampakan luarnya, namun, sebenarnya dalamnya telah keropos.

Soeko menambahkan, perawatan dan pemangkasan pohon tersebut melibatkan sekitar 80 petugas. Mereka terbagi di beberapa titik saat bertugas. Peralatan yang digunakan juga sudah cukup lengkap.

“Mulai dari gergaji mesin, arit, dump truck, hingga kendaraan crane tangga dengan jangkauan ketinggian hingga 10 meter,” kata dia. Pihaknya berharap, dengan upaya-upaya tersebut kejadian bencana pohon tumbang akibat angin puting beliung dapat diantisipasi.


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL CAPTIVADiselVCDI’12/11 H.Tgn1,ist180jt087836895858/08122648100 (A01185112017) ALL Ne…
  • LOWONGAN LPKS HAINAWATY Bth Byk BBsitter,Prawat Lansia&Org Sakit:852492 (A00033122017) DIBUTUH…
  • RUMAH DIJUAL PALM REGENCY T50/100 Lok blkg hotel Alana,dekat DPRD,Free pagar+water heater,Lantai granit…
Lihat Semua Iklan baris!

ARTIKEL LAINNYA
Pengendara melewati lumpur dan pasir di Jalan Raya Pacitan-Ponorogo, Desa Gegeran, Kecamatan Arjosari, Pacitan, Rabu (29/11/2017) (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com) Pemkot Madiun Kirim Sukarelawan dan Bantuan Logistik ke Pacitan
Ribuan orang memadati arena CFD di Jl. Pahlawan Kota Madiun, Minggu (19/11/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com) CFD MADIUN : Pedagang Berharap Waktu Pelaksanaan CFD Ditambah
Wanita Kota Madiun Diwajibkan Konsumsi Tablet Penambah Darah agar Tak Anemia
Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakhrullah saat menjadi narasumber di acara Pemanfaatan Data Kependudukan di Lingkungan Pemerintah Kota Madiun di Totel The Sun Madiun, Kamis (16/11/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com) Kemendagri Butuh Sebulan Terapkan Putusan MK Soal Aliran Kepercayaan
Disnaker Kota Madiun Dapat Jatah DBHCHT Rp2,1 Miliar, Ini Peruntukannya