Indonesia Kecam Keputusan AS Akui Yerusalem Ibu Kota Israel

Kamis, 07/12/2017
JIBI/Solopos.com/Antara
Presiden Jokowi didampingi Menkopolhukam Wiranto (kiri) dan Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir (kanan) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/12/2017). (JIBI/Antara/Puspa Perwitasari)
Presiden Jokowi didampingi Menkopolhukam Wiranto (kiri) dan Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir (kanan) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/12/2017). (JIBI/Antara/Puspa Perwitasari)

Indonesia meminta AS mempertimbangkan kembali keputusan tersebut.

Madiunpos.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia mengecam keras keputusan Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, yang akan memicu guncangan stabilitas keamanan dunia.

“Indonesia mengecam keras pengakuan sepihak Amerika serikat terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel,” kata Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (7/12/2017).

Indonesia, lanjut Presiden, meminta AS mempertimbangkan kembali keputusan tersebut. “Keputusan itu telah melanggar berbagai resolusi di PBB yang AS menjadi anggota, dan ini bisa menguncang stabilitas keamanan dunia,” katanya.

Baca Juga:

Presiden AS Donald Trump pada Rabu (6/12/2017) membalikkan kebijakan puluhan tahun Amerika Serikat dengan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan menyatakan akan memulai proses untuk memindahkan kedutaan besarnya dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Keputusan Trump itu membahayakan peranan historis Amerika Serikat sebagai penengah dalam konflik Israel-Palestina, juga memicu timbulnya kericuhan hubungan AS dengan sekutu-sekutu Arab, yang diandalkan Washington untuk membantunya melawan Iran dan memerangi kalangan milisi Islamis Sunni.

Israel menganggap Yerusalem sebagai ibu kotanya yang abadi dan tak terbagi serta menginginkan semua kedutaan asing ditempatkan di sana. Palestina juga menginginkan Yerusalem menjadi ibu kota negara Palestina merdeka di masa depan.

Kota itu direbut Israel dalam perang tahun 1967 dan kemudian diduduki. Tindakan Israel mencaplok wilayah itu terus ditentang oleh dunia internasional.


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL CAPTIVADiselVCDI’12/11 H.Tgn1,ist180jt087836895858/08122648100 (A01185112017) ALL Ne…
  • LOWONGAN LPKS HAINAWATY Bth Byk BBsitter,Prawat Lansia&Org Sakit:852492 (A00033122017) DIBUTUH…
  • RUMAH DIJUAL PALM REGENCY T50/100 Lok blkg hotel Alana,dekat DPRD,Free pagar+water heater,Lantai granit…
Lihat Semua Iklan baris!

ARTIKEL LAINNYA
Isu Yerusalem Plus Sentimen Anti-Semit, Ribuan Warga Jerman Ngamuk di Kedubes AS
Presiden Joko Widodo menunjukkan dokumen sertifikat tanah saat berbicara pada acara Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat, di Kota Semarang, Jateng, Senin (9/10/2017). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo) Presiden Jokowi Ungkap Perizinan Jadi Alat Pemerasan
Nostradamus (www.thebitbag.com) Nostradamus Ramal Pidato Trump tentang Yerusalem Picu Pertengkaran Besar?
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad memperlihatkan kembali gitar bas pemberian bassist Grup Band Metallica Roberto Trujilo yang diserahkan Jokowi ke KPK dalam acara Festival Antikorupsi di Gedung Graha Sabha Pramana, Kampus Universitas Gadjah mada (UGM) Yogyakarta, Selasa (9/12/2014). (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja) Presiden Jokowi Raih Penghargaan Tertinggi Pelapor Gratifikasi ke KPK
Presiden Joko Widodo menyalami sejumlah warga saat mengunjungi lokasi terdampak bencana akibat Badai Cempaka di Dusun Gelaran I, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Sabtu (9/12/2017). (Harian Jogja/Irwan A. Syambudi) Presiden Jokowi Instruksikan Perbaikan Infrastruktur Pascabencana Maksimal Tiga Bulan