BPD DIY Targetkan 1.000 Agen untuk Layani Transaksi Keuangan

Selasa, 09/1/2018
Logo Bank BPD DIY. (IST/alamatbank.datalengkap.com)
Logo Bank BPD DIY. (IST/alamatbank.datalengkap.com)

Program Laku Pandai ini akan menyasar masyarakat di daerah remote area

Madiunpos.com, JOGJA-Untuk menjangkau nasabah atau masyarakat di daerah terpencil, BPD DIY menggandeng Badan Usaha Kredit Pedesaan (BUKP) dan pamong desa untuk menjadi agen. Pada tahapan pertama, sebanyak 1.000 agen ditargetkan siap melayani masyarakat.

Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif atau Laku Pandai ini menjadi gerakan untuk memberikan kemudahan dan edukasi keuangan kepada masyarakat melalui agen bank. Di mana program yang dicetuskan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini diharapkan mampu menyediakan layanan perbankan atau keuangan kepada masyarakat melalui agen dan teknologi informasi.

“Kami meluncurkan laku pandai ini yang nantinya memungkinkan nasabah melakukan transaksi melalui agen Bank BPD DIY,” ujar Direktur Utama PT Bank BPD DIY Bambang Setiawan, Minggu (7/1/2018).

Bambang mengatakan, program Laku Pandai ini akan menyasar masyarakat di daerah remote area. Masyarakat di daerah itu umumnya kesulitan dalam mengakses layanan perbankan di kantor bank karena jauhnya lokasi. Dalam program ini, Bank BPD DIY menggandeng BUKP dan pamong desa, serta nasabah bank untuk menjadi agen. BUKP dinilai sangat siap dalam menjadi kepanjangan tangan BPD DIY di daerah remote area.

“Karena menurut kami, BUKP ini paling siap, selain merupakan binaan kami, lembaga ini juga milik Pemda DIY. Bisnis BUKP juga bisnis keuangan dan lokasi lembaga ini sebagian besar berada di remote area,” papar Bambang.

Tak hanya BUKP yang akan menjadi menjadi agen Bank BPD DIY dalam melayani kebutuhan atau transaksi keuangan dari perbankan. Bank BPD DIY juga akan menggandeng pamong desa seperti carik atau Sekretaris Desa hingga kepala dusun, serta nasabah yang ingin menjadi agen.

“Kami akan adakan kelas khusus untuk mengedukasi mereka tentang keagenan ini dan akan dilakukan secara bergelombang [bertahap]. Karena pada intinya menjadi agen ini sangat mudah,” ungkap Bambang.

Bambang menjelaskan, untuk menjadi agen Bank BPD DIY sangat mudah karena pelayanan bisa langsung dilakukan di rumah. Dibekali aplikasi khusus, transaksi nasabah akan langsung diproses secara real time. Saat ini kurang lebih ada sekitar 200 agen yang siap melayani, terdiri dari BUKP, dukuh atau pamong desa, dan nasabah.

“Pada tahap pertama ini kami targetkan 1.000 Agen Laku Pandai di seluruh DIY. Ini juga merupakan upaya kami dalam meningkatkan inklusi keuangan di daerah,” jelas Bambang.


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL ***BMW 320i AT/Sport Th2015 Putih,nopol ADAsli tgn1 dr baru..good condition..Istw:08122937…
  • LOWONGAN 5 org TNG Cuci mbl(upto 3Jt/bln)085200553434/RM.Said213 Mnahan (A00121012018) PT FINANSIA…
  • RUMAH DIJUAL Rumah taman asri lt 290 lm 14 BLK tk Trijaya 081393301000 (A00563012018) PALM REGENCY T50/…
Lihat Semua Iklan baris!

ARTIKEL LAINNYA
Logo Bank BPD DIY. (IST/alamatbank.datalengkap.com) Bank BPD DIY Siap Dukung Bisnis Startup
PaninBank menggelar pengundian Panin Super Bonanza 2017 periode 22 di Hotel Royal Ambarrukmo, Jogja, Jumat (12/1/2018).(Harian Jogja/Rima Sekarani I.N.) PaninBank Bagikan Mini Cooper
Ketua Panitia Natal Sahid Jaya Hotel & Convention Jogja Heru Ribut Santoso menyerahkan tanda kasih secara simbolis yang diterima Kepala Desa Klesem Musanghari. (IST/Dok Sahid Group) Sahid Group Berbagi Kasih Rayakan Natal
Para konsumen membeli beras murah pada bazar Toko Tani Indonesia (TTI) yang diadakan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) DIY di Pasar Kranggan, Jogja, Jumat (12/1/2018). (Harian Jogja/Rima Sekarani I.N.) Empat Ton Beras Murah Disediakan BKPP dalam Bazar Toko Tani
Wakil Ketua DPD RI GKR Hemas dan Kepala KPw BI DIY Budi Hanoto saat memaparkan prospek dan rekomendasi tentang perekonomian DIY mendatang di Kantor KPw BI DIY, Rabu (10/1/2018). (IST/Dok KPw BI DIY) DPD RI dan BI DIY Bahas Upaya Menggenjot Perekonomian DIY